SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA SEMOGA BERMANFAAT BAGI ANDA

Design Produk,Nama Merk, Posisi Produk, Kemasan, Strategi Iklan, Promosi Penjualan Pt Pertamina Lubricants

Jumat, 16 November 2018

Design Produk,Nama Merk, Posisi Produk, Kemasan, Strategi Iklan, Promosi Penjualan Pt Pertamina Lubricants


A.   Profil perusahaan ( PT Pertamina Lubricants)
            PT Pertamina Lubricants merupakan anak perusahaan PT Pertamina (Persero), yang didirikan pada 23 September 2013 dan menerima pemisahan (spin-o ) Unit Bisnis Pelumas PT Pertamina (Persero) pada 30 Oktober 2013.
            Pendirian Perusahaan didasarkan Akta No.35 yang dibuat di hadapan Notaris Lenny Janis Ishak, S.H. dan PT Pertamina Lubricants.
            PT Pertamina Lubricants didirikan sebagai pelaksanaan amanat Undang-Undang No. 22 Tahun 2001 Tentang Minyak dan Gas. Tujuan pendirian Perusahaan adalah meningkatkan kekuatan bisnis Perseroan di bidang usaha pelumas pada masa mendatang, melalui cakupan bisnis di dalam dan luar negeri.
            Cakupan bisnis Perusahaan meliputi dalam dan luar negeri. PT Pertamina Lubricants bertekad pada masa-masa mendatang dapat menjadi perusahaan pelumas kelas dunia, dan mencapai posisi sebagai Top 20 World Lubricants Company.
B.   Profil dan Sejarah PT Pertamina Lubricants
1957
Sejak berdiri,PERTAMINA telah masuk dalam bisnis pelumas yang ditandai dengan beroperasinya Unit Produksi Pelumas Jakarta
1973
Beroperasinya Unit Produksi Pelumas Surabaya
1987
Beroperasinya Unit Produksi Pelumas Cilacap
2001
Terbentuknya Unit Bisnis Pelumas
2007
Produk pelumas Pertamina mulai melebarkan sayap ke pasar mancanegara dengan co-branding Zypex di Pakistan
2008
Pertamina melebarkan sayap ke pasar pelumas Timur Tengah dan Asia dengan co-branding Zypex di Dubai dan penjualan pelumas di Singapura. Pabrik Pelumas Gresik resmi beroperasi.
2009
PT Pertamina (Persero) melebarkan sayap ke pasar pelumas Australia
2010
PT Pertamina (Persero) melebarkan sayap ke pasar pelumas Indocina
2012
PT Pertamina (Persero) melebarkan sayap ke pasar pelumas Eropa dan Afrika
2013
·         Pemisahan Unit Bisnis Pelumas PT Pertamina (Persero)2015
·         Pembentukan PT Pertamina Lubricants
2015
Kerjasama Technical Partnership dengan Automobili Lamborghini Official Lubricants Technical Partnership with Automobili Lamborghini

C.   Visi & Misi Perusahaan
PT Pertamina Lubricants memiliki Visi & Misi yaitu :
Visi : Menjadi Perusahaan Pelumas Kelas Dunia
Misi : Melaksanakan bisnis solusi pelumasan dan memasarkan pelumas serta produk terkait secara kompetitif di pasar domestik dan luar negeri untuk memperkuat portofolio bisnis guna mengoptimalkan nilai tambah bagi seluruh pemangku kepentingan.


D.   Desain Produk PT Pertamina Lubricants
            Berikut ini adalah Desain dari Produk Pertamina Lubricants taitu adalah Fastron :

            Adapun beberapa pesaing pelumas Fastron dibawah ini yaitu Advance, Shell, Evalube , Helix dan Top One:

            Banyak nya merk–merk pelumas yang bersaing di Indonesia seperti Fastroon, Shell, Advance, TopOne dan Evalube, dari macam-macam merk tersebut terdapat persaingan antara beberapa merk yang menjadi sorotan masyarakat pengguna kendaraan, yaitu antara merk Pelumas Fastron dan Shell. Hal itu terlihat jelas dari cara promosi keduanya seperti Fastron melakukan promosi langsung di pom bensin pengisian Pertamina dan Shell kini juga melakukan promosi di tempat pom bensin pengisian khusus Shell.
            Banyaknya pesaing didalam bidang usaha pelumas ini PT Pertamina Fastron harus melakukan kegiatan pemasaran. Salah satu unsur kegiatan pemasaran yang berperan penting dan efektif yaitu melalui promosi, promosi adalah arus informasi atau persuasi satu arah yang dapat mengarahkan organisasi atau seseorang untuk menciptakan transaksi antara pembeli dan penjual (Daryanto, 2011:94). Perusahaan selalu mencari cara untuk mencapai ke efektifitasan promosi dengan cara beralih dari satu alat promosi ke alat promosi yang lain, karena nilai ekonomis nya lebih baik. (Kotler, 2007:111)
            Bauran Promosi adalah perpaduan khusus antara iklan, promosi penjualan dan hubungan masyarakat yang digunakan perusahaan untuk meraih tujuan pemasarannya. Bauran promosi adalah kombinasi dari alat-alat promosi termasuk periklanan, hubungan masyarakat dan promosi
            penjualan yang digunakan untuk mencapai pasar sasaran dan memenuhi tujuan organisasi secara keseluruhan. (Kotler, 2007:111)
            Elemen bauran promosi diantaranya yaitu iklan (advertising), penjualan perorangan (personal selling), pemasaran langsung (direct marketing), hubungan masyarakat (public relation), dan promosi penjualan (sales promotion). Kelima bauran promosi ini merupakan elemen yang biasanya diterapkan perusahaan karena akan mendukung proses promosi perusahaan dan kelancaran penjualan

E.   Strategi PT Pertamina Lubricants dalam memasarkan Produknya

     Di era modern seperti saat ini, Pertamina Lubricants memprioritaskan menggunakan strategi digital marketing sebagai alat untuk memasarkan produknya. "Jadi digital marketing itu semakin kami (Pertamina Lubricants) prioritaskan sekarang ini," ujar Andria Nusa, Direktur Sales & Marketing PT Pertamina Lubricants.
        Selain itu, anak perusahaan PT Pertamina (Persero) di sektor pelumas ini juga mencoba mendekatkan diri langsung kepada konsumennya yang tidak lain adalah masyarakat Indonesia.
            Dengan cara melakukan beragam kerja sama dengan berbagai komunitas di dunia otomotif, serta memperbanyak lagi komunikasi melalui media sosial. "Sudah tentu kami yang paling penting strategi kami semakin mendekatkan diri kepada masyarakat, komunitas, konsumen pengguna langsung dari pelumas-pelumas pertamina," ujar Andria Nusa kepada GridOto.com.
"Baik industri ataupun otomotif, jadi kami banyak sekali kerjasama dengan dunia otomotif, dengan komunitas-komunitas," ucap Andria saat berada di acara peluncuran buku 'Catatan Emas Dunia Balap Indonesia'.
"Dan juga kami akan semakin memperbanyak lagi komunikasi melalui penyedia sosial," tutup Andria
Sebelumnya diberitakan, PT Pertamina Lubricants menutup tahun 2017 sebagai market leader penjualan pelumas dalam negeri.
            Kurang lebih sekitar 530 juta liter pelumas yang berhasil terjual, baik di penjualan domestik ataupun luar negeri.
  Keberhasilan itu tidak terlepas dari tujuan Pertamina Lubricants untuk menciptakan pelumas terbaik. Dalam pembuatan pelumas ada dua material, yakni bahan dasar dan aditif, PT Pertamina Lubricants mengklaim selalu menggunakan paket aditif terbaik. Selain itu, semua pelumas tengah melalui serangkaian tes, dimulai uji jalan, hingga kondisi alam Indonesia.

F.    Pernyataan Penelitian dan Hasil Penelitian
PERNYATAAN
·         Penetapan tujuan promosi
Bagaimana cara Divisi Pemasaran dan Niaga PT.PERTAMINA LUBRICANTS di Indonesia  dalam menetapkan tujuan pemasaran yang telah dibuat oleh perusahaan ?
·         Penetapan sasaran promosi
Bagaimana Penetapan Sasaran Pemasaran yang dilakukan oleh Divisi dan Niaga PT.PERTAMINA LUBRICANTS Di Indonesia?
·         Rancangan pesan dan media
Pesan apakah yang ingin disampaikan oleh Divisi dan Niaga PT.PERTAMINA LUBRICANTS di Indonesia  kepada konsumen pengguna Oli “fastron” ?
·         Pengembangan promotional mix
Apakah ada iklan yang dibuat oleh PT.PERTAMINA LUBRICANTS untuk mempromosikan produk oli “fastron” ?
·         Penyediaan anggaran
Untuk melakukan suatu promosi produk, berapa anggaran yang telah dikeluarkan oleh PT.PERTAMINA LUBRICANTS ?
·         Evaluasi dan pengendalian rencana pemasaran
Bagaimana hasil dari evaluasi yang telah dilakukan ?
Hasil Penelitian
·         Penetapan Tujuan Pemasaran
-          Dengan menetapkan activity plan yang dibuat setiap tahunnya
-          Proses kegiatan yang akan dilakukan untuk menarik konsumen antara lain dengan: mekanisme claustering  dan loyalty program
·         Penetapan Sasaran Pemasaran
-          Sasaran yang ingin dituju adalah segmen kelas top teer level
·         Rancangan Pesan dan Media
-          Pesan yang disampaikan melalui aktivitas above the line dan below the line
·         Pengembangan promotional mix
-          Media yang digunakan iklan, majalah internal perusahaan, brosur, stiker, kalender
-          Melakukan kegiatan personal selling
·         Penyediaan Anggaran Pemasaran
-          Dilakukan berdasarkan road map  dari Pertamina Pusat
·         Evaluasi dan Pengendalian  Rencana Pemasaran
-          Evaluasi yang dilakukan berlangsung positif dan  efektif, kedepannya  Pertamina menargetkan agar dapat menarik konsumen baru dan selalu dapat berhubungan baik dengan konsumennya


 Informasi Produk dari PT Pertamina Lubricants Silahkan  untuk meng klik gambar di bawah







Tidak ada komentar:

Posting Komentar